Tentang Kami

Profil Perusahaan

PT Pradiksi Gunatama Tbk berdiri Tahun 1995, adalah Perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berlokasi di Kecamatan Batu Engau, kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur dengan luas ijin usaha mencapai 22.500 hektar. Saat ini luasan tertanam telah mencapai 12.800 hektar dengan areal tanaman menghasilkan seluas 11.800 hektar serta didukung oleh 1 unit Pabrik kelapa sawit kapasitas 60 ton perjam extendable ke 90 ton per jam. PT Pradiksi Gunatama Tbk melaksanakan pengembangan usaha perkebunan kelapa sawit dengan komitmen untuk selalu melestarikan lingkungan hidup.

Visi dan Misi

Visi  : Menjadi Perusahaan Kelapa Sawit yang terintegrasi dari sektor hulu sampai hilir industry, sehingga menghasilkan produktivitas dan imbal hasil yang tertinggi.

Misi : Pengelolaan operasional yang efektif dan efisien untuk mencapai biaya produksi yang rendah dan produktivitas yang tinggi. Peningkatan kualitas sumber daya  manusia, kualitas proses produksi, serta efektifitas secara berkesinambungan. Peningkatan nilai bagi seluruh pemangku kepentingan secara berkelanjutan.

Profil Manajemen

Komisaris Independen

Dr. Indra Surya, SH, LL.M.

Warga Negara Indonesia, 54 tahun, memperoleh gelar Sarjana Hukum Perdata International dari Universitas Indonesia, memperoleh gelar Master (Lex Legitus Magister) Washington College of Law dari American University dan memperoleh gelar Doktoral (Doktor Studi Ilmu Hukum) dari Universitas Indonesia. Bekerja di Perseroan sejak tahun 2020 dengan jabatan sebagai Komisaris Independen.

Pernah menjabat sebagai Ketua Center For Indonesian Financial and Economic Law Studies (CIFELS) tahun 2019-sekarang, Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi, DJKN, Kementerian Keuangan RI. Tahun 2016-2019, Kepala Biro Bantuan Hukum, Sekretarian Jenderal Kementerian Keuangan tahun 2008-2016, Kepala Bagian Pengembangan Keterbukaan dan Tata Kelola, Biro Standar Akuntansi dan Keterbukaan Bapepam & KJ tahun 2007-2008,  Kepala Bagian Bantuan Hukum, Biro Perundang-undangan dan Bantuan Hukum Bapepam & LK tahun 2004-2007, Anggota Tim Penyusunan Rancangan Undang-Undang tentang Sekuritisasi tahun 2006, Anggota Tim Koordinasi dalam rangka kerjasama dengan Bank Dunia di bidang Debt Reform and Capacity Building Program tahun 2004-2008, Anggota Tim Penyusunan Perubahan Undang-Undang tentang Pasar Modal tahun 2000-2011, Anggota IOSCO Islamic Capital Market Task Force tahun 2002-2004, Contact Person untuk Working Committee on Capital Market Development, ASEAN tahun 2002-2004, Contact Person untuk Roundtable on Corporate Governance, OECD tahun 2001-2004, Kepala Bagian Kerjasama Pemeriksaan dan Penyidikan International, Biro Pemeriksaan  dan Penyidikan Bapepam tahun 2000-2004, Pemimpin Proyek Satuan Tugas Prakarsa Jakarta tahun 1999-2000, Kepala Bagian Kerjasama Pemeriksaan dan Penyidikan International, Biro Pemeriksaan dan Penyidikan Bapepam tahun 1997-1999, Kepala Sub Bagian Perusahaan Jasa I, Biro Hukum Bapepam tahun 1997, Anggota Delegasi Indonesia pada Pertemuan the Coordinating Committee on Services – ASEAN tahun 1996-2000, Staff Biro Hukum Bapepam 1991-1996, Staff Biro Hukum dan Humas di Sekretariat Jenderal   , Departemen Keuangan RI tahun 1996-1997

Saat ini tidak memiliki hubungan afiliasi dengan anggota Dewan Komisaris dan Direksi lainnya.

Komisaris Utama

Liana Saputri

Warga Negara Indonesia, 22 tahun, Pendidikan terakhir Business Management and Leadership dari Santa Monica College Los Angeles 2018, Diangkat sebagai Komisaris Utama Perseroan sejak 2020,  selain itu beliau  juga menjabat di beberapa Perusahaan seperti Komisaris PT Inni Joa tahun 2020 – sekarang, Komisaris PT Taiyoung Engreen tahun 2019 – sekarang, Komisaris PT Jhonlin Agro Raya tahun 2019 – sekarang,  Komisaris PT Batulicin Agro Sentosa tahun 2019 – sekarang, Komisaris PT Hasil Kalimantan Jaya tahun 2019 – sekarang, Komisaris PT Multi Sarana Agro Mandiri  tahun 2019 – sekarang, Komisaris PT Jhonlin Agro Mandiri tahun 2019 – sekarang, Komisaris PT Kodeco Agrojaya Mandiri tahun 2019 – sekarang, Direktur PT Jhonlin Air Transport tahun 2019 – sekarang, Direktur PT Araya Agro Lestari tahun 2019 – sekarang, Direktur PT Jhonlin Mega Industri tahun  2019 – sekarang, Direktur PT Jhonlin Energi Kalimantan tahun 2019 – sekarang

Saat ini tidak memiliki hubungan afiliasi dengan anggota Dewan Komisaris dan Direksi lainnya.

Direktur Utama

Indra Irawan

Warga Negara Indonesia, 50 tahun, memperoleh gelar Sarjana Pertanian dari Universitas Islam Nusantara Bandung dan memperoleh gelar Magister Manajemen dari Universitas Sumatera Utara. Bekerja di Perseroan sejak tahun 2019 dengan jabatan sebagai Direktur Utama. Berikut adalah riwayat pekerjaan dari Beliau antara lain, tahun 2017-2018 Direktur Area Kalimantan Timur PT Astra Agro Lestari Tbk,  tahun 2014-2016 Direktur Area Sulawesi Barat PT Astra Agro Lestari Tbk, tahun 2007-2013 Administratur PT Letawa, tahun 2003-2006 Asisten Kepala PT Tunggal Perkasa Plantation, tahun 1999-2002 Asisten Kepala PT Sari Lembah Subur , tahun 1995-1998 Asisten Tanaman PT Sari Aditiya Luka

Saat ini tidak memiliki hubungan afiliasi dengan anggota Dewan Komisaris dan Direksi lainnya.

Direktur Keuangan

Tamlikho

Warga Negara Indonesia, 48 Tahun, memperoleh gelar Sarjana di Accounting Education dari Universitas Sriwijaya dan memperoleh gelar Master di Akuntansi dari universitas Trisakti. Bekerja di Perseroan sejak tahun 2019 dengan jabatan sebagai Direktur Keuangan. Pernah menjabat di beberapa Perusahaan seperti menjadi Direktur Keuangan PT Pradiksi Gunatama tahun 2019-sekarang, Direktur Keuangan PT Eshan Agro Sentosa tahun 2019-sekarang, Manager Accounting PT Jhonlin Group tahun 2015-2018, Manager Accounting & Tax PT Kereta Api Borneo tahun 2014-2015, Manager Finance, Accounting & Tax Manager PT Jhonlin Marine Trans tahun 2012-2014, Manager Finance & Accounting PT PFCE Indonesia tahun 2010-2012, Manager Finance & Accounting PT Prime Petroservices tahun 2004-2010, Kepala Bagian Akuntansi PT Varcoindo Bina Jaya tahun 2000-2004, Senior Auditor KAP Hadori, Soejatna & Rekan tahun 1995-2000

Saat ini tidak memiliki hubungan afiliasi dengan anggota Dewan Komisaris dan Direksi lainnya.

Struktur Perusahaan

DAFTAR PEMEGANG SAHAM PERSEROAN

No.Nama Pemegang SahamJumlah SahamPersen SahamPengendali
1PT Araya Agro Lestari2,049,180,00041%V
2PT Citra Agro Raya2,049,180,00041%V
3Masyarakat   900,000,00018%
Total4,998,360,000100%

SEJARAH PERUSAHAAN

TATA KELOLA PERSEROAN

Perseroan senantiasa memperhatikan dan mematuhi prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) sebagaimana diatur dalam Peraturan OJK dan Bursa Efek. Perseroan telah memiliki alat-alat kelengkapan seperti Komisaris Independen, Sekretaris Perusahaan, Komite Audit, dan Komite Nominasi dan Remunerasi. Perseroan juga memiliki Unit Audit Internal yang berfungsi untuk melakukan pengawasan dan penerapan dari kebijakan yang telah ditetapkan oleh Manajemen Perseroan. Pengangkatan Direksi dan Komisari telah memenuhi POJK No. 33/2014.Anggota Direksi dan Dewan Komisaris diangkat dan diberhentikan oleh RUPS. Masa jabatan anggota Direksi dan Dewan Komisaris ditetapkan untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun.

Sekretaris Perusahaan

Perseroan telah membentuk Sekretaris Perusahaan sebagaimana disyaratkan dalam POJK No. 35/2014. Berdasarkan surat Perseroan Nomor 0005/DIR-PG/EXT/III/2020 tanggal 9 Maret 2020, Perseroan menunjuk Tamllikho M.Si sebagai Sekretaris Perusahaan yang juga merangkap sebagai Direktur Keuangan Perseroan.

Tugas dan tanggung jawab Sekretaris Perusahaan meliputi:

1. Mengikuti perkembangan Pasar Modal khususnya peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang Pasar Modal.

2. Memberikan masukan kepada Direksi dan Dewan Komisaris untuk mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang Pasar Modal

3. Membantu Direksi dan Dewan Komisaris dalam pelaksanaan tata kelola Perseroan yang meliputi:

a. Keterbukaan informasi kepada masyarakat, termasuk ketersediaan informasi pada situs web Perseroan;

b. Penyampaian laporan kepada OJK tepat waktu;

c. Penyelenggaraan dan dokumentasi Rapat Umum Pemegang Saham;

d. Penyelenggaraan dan dokumentasi rapat Direksi dan/atau Dewan Komisaris

e. Pelaksanaan program orientasi terhadap Perseroan bagi Direksi dan/atau Dewan Komisaris.

4. Sebagai penghubung Perseroan dengan pemegang saham Perseroan, OJK, dan Pemangku kepentingan umum lainnya.

5. Sekretaris Perusahaan dan pegawai dalam unit kerja yang menjalankan fungsi Sekretaris Perusahaan wajib menjaga kerahasiaan dokumen, data dan informasi yang bersifat rahasia kecuali dalam rangka memenuhi kewajiban sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau ditentukan lain dalam peraturan perundang-undangan.

6. Sekretaris Perusahaan dan pegawai dalam unit kerja yang menjalankan fungsi Sekretaris Perusahaan dilarang mengambil keuntungan pribadi secara langsung maupun tidak langsung, yang merugikan Perseroan.

7. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman untuk membantu pelaksanaan tugasnya, Sekretaris Perusahaan harus mengikuti pendidikan dan/atau pelatihan.

8. Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab kepada Direksi.

9. Setiap informasi yang disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan kepada masyarakat merupakan informasi resmi Perseroan.

10. Mengelola Rapat Gabungan Komisaris dan Direksi dan merangkum Agenda, Minute, Kebijakan, Keputusan, dan data – data yang dihasilkan didalam Rapat Gabungan Komisaris dan Direksi.

11. Membantu Direksi dalam pemecahan masalah – masalah Perseroan secara umum.

12. Mengawasi jalannya aplikasi peraturan yang berlaku dengan tetap berpedoman pada prinsip GCG.

13. Menata-usahakan serta menyimpan dokumen – dokumen Perseroan.

14. Memberikan pelayanan kepada masyarakat atau shareholder atas informasi yang dibutuhkan pemodal yang berkaitan dengan kondisi Perseroan:

● Laporan Keuangan Tahunan (Audited);

● Laporan Kinerja Perusahaan Tahunan (Annual Report);

● Informasi Fakta Materi;

● Produk atau penemuan yang berarti (penghargaan, proyek unggulan, penemuan metode khusus, dll);

● Perubahan dalam sistem pengendalian atau perubahan penting dalam manajemen.

Komite Audit

Komite Audit Perseroan dan Piagam Komite Audit telah dibentuk sesuai dengan ketentuan POJK No.55/
POJK.04/2015 Tentang Pembentukan Dan Pedoman pelaksanaan Kerja Komite Audit berdasarkan
Surat Keputusan Dewan Komisaris Perseroan No. 0004/DK-PG/EXT/III/2020 tanggal 9 Maret 2020
tentang Pengangkatan Komite Audit dengan susunan Komite Audit Perseroan sebagai berikut, dan
susunan anggota Komite Audit sebagai berikut, yaitu:

Ketua :

Dr. Indra Surya, SH., LL.M

Warga Negara Indonesia, 54 tahun. Menjabat sebagai Ketua Komite Audit sejak tahun 2020, pengalaman kerja ketua Komite Audit dapat dilihat pada bagian pengalaman Komisaris Independen.

Anggota :

Liniko Mekhrada Laban

Warga Negara Indonesia, 38 tahun. Menjabat sebagai Anggota Komite Audit sejak tahun 2020, memiliki pengalaman kerja sebagai Dept. Head, PT Jhonlin Group, sebagai Manajemen Strategis Perusahaan sejak 2017 – sekarang, sebagai Senior Manajemen PT Jhonlin Agro Mandiri pada tahun 2013-2017, sebagai Manajer PT Inni Joa pada tahun 2013-2018, sebagai Asisten Manajer PT Kutai Timber Indonesia pada tahun 2007-2008.

Anggota :

Temmy Iskandar

Warga Negara Indonesia, 46 tahun. Menjabat sebagai Anggota Komite Audit sejak tahun 2020, memliki pengalaman kerja sebagai Head of Corporate Keuangan dan Akuntansi, Jhonlin Group sejak tahun 2017-sekarang, sebagai Manager Keuangan, Akuntansi dan Pajak Jhonlin Marine Trans pada tahun 2013-2016, sebagai Manager Auditor Kanaka Puradiredja, Suhartono Nexia International pada tahun 2009-2013, sebagai Internal Control PT Aerowisata pada tahun 2009, dan sebagai Asosiasi Manager Auditor, Kanaka Puradiredja, Suhartono Nexia International, Jakarta.

Biro Administrasi Efek

Bertanggung jawab atas penerimaan pemesanan saham berupa Daftar Pemesanan Pembelian Saham,(DPPS) dan Formulir Pemesanan Pembelian Saham (FPPS) yang telah dilengkapi dengan dokumen sebagaimana diisyaratkan dalam pemesanan pembelian saham dan telah mendapat persetujuan dari Penjamin Pelaksana Emisi sebagai pemesanan yang diajukan untuk diberikan penjatahan saham serta melakukan administrasi pemesanan pembelian saham sesuai dengan aplikasi yang tersedia pada BAE.

Nama : PT Adimitra Jasa Korpora

No.Izin Usaha : Surat Keputusan Anggota dan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor Kep-41/D.04/2014

Asosiasi : Asosiasi Biro Administrasi Efek (ABI)

No.Keanggotaan Asosiasi : ABI/II/2015-012

Pedoman Kerja : Peraturan / Perundang undangan Pasar Modal / OJK

Surat Penunjukan Perseroan : No: 001/SPJP/XI/2019 tanggal 5 November 2019

Komite Nominasi dan Remunerasi

Komite Nominasi dan remunerasi Perseroan telah dibentuk sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 34/POJK.04/2014 tentang Komite Nominasi dan Remunerasi Emiten atau Perusahaan Publik berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisaris Nomor 001/KOM-PG/IX/2020 tentang Pembentukan Komite Nominasi dan Remunerasi, maka susunan anggota Komite Nominasi dan Remunerasi adalah sebagai berikut :

Ketua                   : Dr. Indra Surya, SH., LL.M

Anggota             : Eko Aprianto

Anggota             : Ai Supardini, SE., Ak., CA., CPA., CACP., Asean CPA